Wisuda ke XXV IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022 Swiss Bell Hotel

                                         

MPI- Wisuda ke XXV IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022 Swiss Bell Hotel berjumlah sebanyak 1551 wisudawan/ti di bagi menjadi 2 gelombang. Hari pertama tanggal 02 november  hari selasa di ikuti oleh sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang berjumlah 736 mahasiswa yang terdiri dari :

  1. 153 PAI
  2. 35 PBA
  3. 92 Tadris Bahasa Inggris
  4. 68 IPS
  5. 107 Tadris Matematika
  6. 67 Tadris Biologi
  7. 75 PGMI
  8. 17 PIAUD
  9. 72 MPI
  10. 50 Tadris Bahasa Indonesia                                                                                                                                                Wisuda ke XXV IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2022 Swiss Bell Hotel. Hari kedua tanggal 03 november hari rabu di ikuti oleh sarjana Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Fakultas Ushuluddin dan Adab dan Pascasarjana (Magister dan Doktor) yang berjumlah 815 mahasiswa yang terdiri dari :                                                                                                      1.   175 Fakultas Syariah                                                                                                                                                        2. 199 FEBI                                                                                                                                                                              3. 153 Fakultas Dakwah dan Komunikasi                                                                                                                          4. 166 Fakultas Ushuluddin dan Adab                                                                                                                                5. 112 Magister                                                                                                                                                                         6. DoktorDalam pidatonya, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Sumanta Hasyim mengucapkan, era industri 4.0 saat ini menuntut pendidikan Islam untuk mampu mengantisipasi
    penemuan baru dalam kajian keilmuan dan tantangan baru (the new challenges).“Pendidikan Islam dalam hal ini adalah sistem pendidikan yang mengupayakan dan melatih peserta didik
    agar mampu mengambil sikap dan tindakan hidup yang dipengaruhi oleh nilai-nilai spiritual berdasarkan nilai-nilai etika Islam,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pendidikan Islam juga diartikan sebagai proses pengembangan potensi kreatif peserta didik agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berkepribadian muslitl, cerdas, terampil, berbudi pekerti dan juga bertanggung jawab
    terhadap diri, bangsa dan agamanya.

    “Manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai pribadi tidak terpisah dari pemahaman akan kehidupan intelektual spiritual. Persoalan-persoalan manusia – masyarakat modern utamanya tidak terlepas dari hakikat manusia itu sendiri,” katanya.

    “Karena bagaimanapun hubungan lslamic Science dan Dirasah
    Islamiyah yang integratif memiliki konsekuensi dan implikasi berupa perluasan akses pendidikan ilmu keagamaan sekaligus penyelenggaraan pendidikan yang mampu menjabarkan
    nilai-nilai universal Islam. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi spirit transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” katanya.

    Rektor juga mengatakan, integrasi sangat diperlukan dalam pendidikan sebagai upaya untuk memadukan ilmu agama (lslamic Studies/Dirasah Islamiyah) dengan ilmu umum (Islamic Science). Dan dalam pengimplementasiannya, proses integrasi ilmu agama dan ilmu umum harus mampu menawarkan muatan nilai kearifan budaya lokal (local wisdom) yang merupakan bagian dari
    nilai-nilai Islam yang universal.

    Menurutnya, dalam
    pengimplementasiannya, proses integrasi ilmu agama dan ilmu umum harus mampu menawarkan muatan nilai kearifan budaya lokal (local wisdom) yang merupakan bagian dari
    nilai-nilai Islam yang universal sebagai upaya dalam menjawab berbagai macam tantangan di
    era 4.0 ini.

    “Dalam mewujudkan hal tersebut, IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengupayakan
    rekonstruksi paradigma keilmuan yang multi dimensional dengan menjadikan agama sebagai
    basis ilmu pengetahuan. Tujuannya, IAIN Syekh Nurjati Cirebon mampu mengembangkan bukan sekedar proses pendidikan searah, tetapi proses pendidikan multidimensi yang mampu
    menyeimbangkan antara akal dan wahyu sehingga mampu mewujudkan pengembangan spiritual, intelektual, dan sosial dari seluruh sivitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” ungkapnya.

    Oleh karena itu, tambahnya, transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon harus dibarengi dengan semangat pembangunan yang ‘Unggul Termuka dan Berakhlak Mulia’. https://info.syekhnurjati.ac.id/di-wisuda-ke-xxv-rektor-bicara-soal-spirit-transformasi-kelembagaan-iain-cirebon/

Scroll to Top