Sambutan Kaprodi

Dr. Ahmad Ripai, M.Pd.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT, Dzat Yang Maha Mengatur, yang telah memberikan kita kekuatan untuk terus belajar, berinovasi, dan mengabdi di dunia pendidikan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, sang pendidik agung yang mewariskan nilai, ilmu, dan keteladanan manajerial dalam membangun peradaban.

Dengan penuh semangat dan optimisme, kami menyambut para pengunjung dan calon mahasiswa di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Program studi ini hadir sebagai respon atas semakin kompleksnya tantangan dunia pendidikan Islam modern, yang memerlukan sumber daya manusia unggul di bidang tata kelola lembaga pendidikan, baik dari sisi perencanaan, organisasi, kepemimpinan, pengawasan, hingga inovasi kebijakan.

MPI tidak hanya berfokus pada aspek manajerial teknis, tetapi juga menyelaraskan seluruh proses dengan nilai-nilai Islam, etika kepemimpinan, dan semangat transformasi sosial. Di era disrupsi digital dan globalisasi ini, manajemen pendidikan Islam tidak bisa lagi dikelola secara konvensional—diperlukan pendekatan yang adaptif, berbasis data, dan tetap menjunjung nilai keadaban.

Kurikulum kami dirancang untuk:
🔹 Membekali mahasiswa dengan kompetensi manajerial pendidikan yang profesional dan islami
🔹 Melatih kemampuan perencanaan strategis dan pengambilan keputusan berbasis data
🔹 Mengembangkan literasi digital dalam tata kelola kelembagaan
🔹 Menumbuhkan jiwa kepemimpinan transformasional dan pelayanan publik berbasis nilai

Sebagai bagian dari PTKIN berbasis siber pertama di Indonesia, Program Studi MPI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menggunakan platform pembelajaran daring (digital learning) yang memungkinkan mahasiswa dari seluruh penjuru negeri untuk mengakses pendidikan manajemen yang unggul, inklusif, dan fleksibel.

Kami juga terus mendorong mahasiswa untuk:
✔ Aktif dalam riset kebijakan pendidikan Islam
✔ Terlibat dalam pengembangan model manajemen berbasis komunitas dan masjid
✔ Berperan dalam gerakan tata kelola madrasah, sekolah Islam, pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya secara inovatif dan berkelanjutan

Lulusan MPI diharapkan mampu menjadi:
Kepala sekolah/madrasah, supervisor pendidikan, perancang kebijakan
Manajer lembaga pendidikan nonformal, seperti LKP, pondok pesantren, dan LSM pendidikan
Analis kebijakan pendidikan di pemerintahan maupun swasta
Wirausahawan pendidikan dan pengembang edutech berbasis nilai Islam

Kami percaya bahwa perubahan pendidikan dimulai dari manajemen yang visioner dan bernilai. Mari bersama-sama kita kembangkan tata kelola pendidikan Islam yang tidak hanya efisien dan modern, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual, integritas, dan kemanusiaan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Scroll to Top